Bismillah..

Seringkali banyak keraguan ketika akan memutuskan beralih dari pospak (popok sekali pakai) ke clodi (cloth diapers). Mengingat memang clodi merupakan hal baru di daftar kebutuhan bayi.

Baca Juga : Kenapa Sih Memutuskan Pakai Clodi?

Apalagi untuk yang baru atau akan menjadi ibu. Berikut ini beberapa tips yang dapat diperhatikan ketika membeli clodi versi saya.

1. Jangan terkecoh dengan harga murah.

Karena saat ini banyak penjual yang tidak jujur, pasang foto apa, yang dikirim apa. Foto iklannya bermerk tertentu yang harga pasarannya jelas diatas harga jual dia. Tapi nyatanya jelas banget bukan itu yang dijual. Karena rata-rata harga clodi sudah ditentukan oleh pusat, jadi harganya akan sama semua penjual.

2. Konsultasi dulu jika belum pernah sama sekali pakai clodi.

Penjual yang baik pasti akan dengan senang hati melayani customer yang ingin konsul dulu, bahkan mau menjelaskan panjang lebar dan sangat sabar jika customer belum mau beli saat itu juga. Karena memang clodi ini masih baru bagi sebagian orang jadi perlu edukasi sebelum memutuskan menggunakan.

3. Coba dulu 1-3 jika memang ragu.

Tidak ada salahnya jika ingin mencoba berbagai merk, agar bisa membandingkan sendiri. Tidak hanya percaya review orang lain. Karena pendapat dan pengalaman orang bisa berbeda. Namun jika sudah nyaman 1 merk ya tidak masalah jika tidak coba yang lain. Yang penting anak nyaman, ibu senang. Berclodi jangan malah bikin tertekan.

4. Bisa belajar dari review clodi dari internet.

Namun jangan 100% dijadikan patokan karena pendapat setiap orang bisa berbeda. Hanya jadikan bahan referensi saja. Tetap buktikan sendiri jika ingin menilai. Karena bagus menurut orang lain, belum tentu menurut kita. Begitu pula sebaliknya.

5. Pastikan barang yang akan dikirim sama.

Sekarang ini banyak kok penjual yang mau foto dulu barangnya sebelum dikirim. Jadi anda bisa cek apakah yang dikirim sama dengan yang nanti anda terima.

6. Jangan ragu berikan testimoni positif.

Jika nanti anda puas dengan barangnya, jangan lupa berikan ulasan positif agar penjual juga semakin semangat berdagang dengan jujur. Anda juga dapat pahala dengan menyenangkan orang lain.

Namun, jika anda kecewa dengan barangnya sampaikan dengan kalimat yang baik alasannya. Hal itu agar dapat menjadi bahan pelajaran penjual, namun tidak melukai juga. Penjual yang baik pasti juga akan meminta maaf jika memang murni kesalahannya. Bahkan tidak segan ganti rugi loh.

Kesimpulannya, hati-hati sebelum membeli, jika memang tidak nyaman dengan penjual sejak awal walaupun semurah apapun harganya, ada baiknya tidak diteruskan. Transaksi jual beli harus dilakukan dengan ridho sama ridho. Tidak ada paksaan salah satu pihak. Insyaa Allah dengan begitu juga akan lebih berkah baik bagi pembeli maupun penjual.

Begitulah tips dari saya. Maafkan jika masih kurang jelas. Yuk kita diskusi dan saling mengingatkan. Semangat berclodi!

@april.ummualif

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *